Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO, Prof Dr H Arief Rachman, MPd, mengatakan sekolah yang bagus adalah sekolah yang suasana belajarnya menyenangkan untuk anak. Selain itu, masih ada beberapa kriteria sekolah yang bagus menurutnya
Pakar pendidikan ini membagi setidaknya 10 kriteria untuk memilih sekolah yang baik bagi anak.
Kepemimpinan sekolah profesional
Sekolah yang bagus adalah sekolah yang gaya kepemimpinannya partisipatif, tegas dan bertujuan. Selain itu sekolah yang baik adalah sekolah yang pemimpinnya mempunyai keterampilan, kemampuan dan kemauan untuk memajukan sekolah.
Ia menyarankan begitu cari sekolah, ketemu kepala sekolahnya. Ketika wajah kepala sekolah kencang jangan masuk ke sekolah itu. Tapi kalau dia ramah dan baik bisa jadi pilihan
Semua warga sekolah memahami dan melaksanakan visi dan misi sekolah
Sekolah yang baik adalah sekolah yang memiliki kesatuan pandangan dan arah mengenai visi. Selain itu, sekolah baik itu konsisten dalam pembuatan dan pelaksanaan aturan. Di sekolah itu juga ada kebersamaan.
Suasana pembelajaran di sekolah menyenangkan
Ciri sekolah yang baik terutama adanya atmosfir suasana yang mendukung. Serta lingkungan kerja yang menyenangkan.
Kegiatan Pembelajaran yang saling mendukung
Kegiatan pembelajaran di sekolah sangat beragam seperti intra dan ekstrakurikuler berjalan secara seimbang dan saling mendukung. Sekolah yang baik itu berkonsentrasi pada pembelajaran, optimalisasi waktu pembelajaran, penekanan pada keahlian akademik serta fokus pada pencapaian prestasi.
Guru mempunyai perencanaan pembelajaran
Sekolah yang baik juga bisa dilihat dari kualitas guru-gurunya. Dimana sanga guru harus terorganisasi dengan baik, terstruktur dengan jelas dan mempunyai target yang jelas. Selain itu, guru juga sebaiknya mengkomunikasikan pembelajaran pada siswa dan adanya fleksibilitas sesuai dengan kondisi siswa
Program positif
Semua program-program yang positif mendapat penguatan dari sekolah, orangtua dan siswa. Di sekolah yang baik harus ada penegakan disiplin yang adil, transparan dan jelas. Adanya umpan balik terhadap perkembangan yang dicapai.
Monitoring
Sekolah melakukan monitoring dan evaluasi secara terprogram dan berdampak terhadap perbaikan sekolah. Sekolah yang baik juga harus melakukan monitoring kemajuan siswa setiap saat. Juga harus ada evaluasi kemajuan sekolah secara berkelanjutan.
Semua program-program yang positif mendapat penguatan dari sekolah, orangtua dan siswa. Di sekolah yang baik harus ada penegakan disiplin yang adil, transparan dan jelas. Adanya umpan balik terhadap perkembangan yang dicapai.
Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah
Sekolah yang baik juga harus ada keseimbangan antara hak dan kewajiban. Hak dan kewajiban siswa dipahami dan dilaksanakan dengan baik di sekolah. Sehingga percaya diri siswa muncul. Selain itu, siswa diberi peran dan tanggung jawab, juga diberi kesempatan untuk mengontrol peran dan tanggung jawab mereka sendiri
Kemitraan antara sekolah dengan orangtua
Sekolah yang baik juga harus melibatkan orang tua. Pelibatan orangtua dalam program-program anak di sekolah dan pelibatan orangtua dalam program-program anak di rumah.
Munculnya kreativitas dalam organisasi sekolah untuk pengembangan pendidikan
Semua stakeholders sekolah (guru, kepala sekolah, siswa, pegawai sekolah dan orangtua) merasa terlibat dalam pengembangan diri demi kemajuan bersama.
Beri Komentar